Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jember Petakan TPS Rawan Konflik

Kompas.com - 11/12/2013, 16:16 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com- Meski pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 masih sekitar empat bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur,  memetakan tempat pemungutan suara (TPS) yang dinilai rawan terjadi konflik pada saat pelaksanaan pencoblosan.

“Kami sudah perintahkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar melakukan pemetaan (mapping), mana TPS yang rawan konflik, baik konflik sosial maupun rawan untuk pengiriman logistik,” ungkap Komisioner KPU Kabupaten Jember, Hanan Kukuh Ratmono kepada Kompas.com, Rabu (11/12/13).

Dengan pemetaan tersebut diharapkan konflik bisa diantisipasi sedini mungkin. “Jadi kami dengan aparat kepolisian sudah bisa menyiapkan strategi seperti apa yang akan digunakan, untuk mengantisipasi konflik terutama di hari H pencoblosan,” imbuh dia.

Pemetaan itu juga bertujuan mempermudah jalur distribusi logistik pemilu. Dengan demikian pada logistik pemilu bisa sampai di lokasi tepat waktu.

“Sejauh ini dari 31 PPK se-Kabupaten Jember, lebih dari separuh PPK yang telah menyerahkan pemetaaan TPS kepada kami. Kami menargetkan, maksimal minggu ketiga di bulan ini (Desember) proses pemetaan tersebut bisa selesai,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com