Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Meluap, Banjir Landa Aceh Barat

Kompas.com - 11/12/2013, 13:14 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, sejak sepekan terakhir ini mengakibatkan banjir di kawasan Jalan Ateung Teupat, penghubung Melaboh  Kuala Abee  Kecamatan Bubon, sehingga warga yang melintasi kawasan tersebut terpaksa harus menyebrang dengan menggunakan rakit.

Menurut seorang penyedia jasa rakit di kawasan itu, Muhtakrudin (36), kawasan itu memang menjadi langganan banjir di musim hujan karena luapan air dari sungai Krueng Woyla. "Setiap tahun memang banjir di jalan ini,  karena jalan lebih rendah dari sungai. Padahal sudah dibuat drainase di pinggir jalan kiri kanan, tapi tetap banjir," katanya kepada Kompas.com, Rabu (11/12/2013).

Genangan banjir di badan jalan sepanjang satu kilo meter di Desa Ateung Teupat Lintas Kecamatan ini  sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu, Minggu (8/12/2013). Pada hari pertama, ketinggian air bahkan mencapai 1 meter. "Sekarang sudah agak surut," kata Muhtakrudin.

Jalan tersebut merupakan penghubung utama tiga kecamatan, yakni Kecamatn Woyla, Woyla Barat, dan Woyla Timur. "Ada jalan lain, tapi tidak bagus dan harus lewat gunung, jadi jauh," lanjut Muhtakrudin.

Dia menambahkan, ongkos rakit untuk sepeda motor Rp 15.000. "Ada juga yang bayar Rp 10.000. Tapi kalau anak sekolah tidak kami minta bayar," katanya.

Sejak banjir melanda tiga hari lalu, terdapat empat rakit jasa penyeberangan. Mereka menunggu pengguna sejak pagi hingga sore hari. Satu rakit dikerjakan oleh dua orang. Satu orang menarik dari depan dan seorang lagi mendorong. "Kalau banyak yang lewat, sehari kami bisa dapat Rp 300.000. Itu dibagi dua," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com