Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

279 Pintu Perlintasan KA Banyuwangi-Pasuruan Tak Dijaga

Kompas.com - 10/12/2013, 14:29 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Dari 371 palang pintu kereta api sepanjang jalur Banyuwangi- Pasuruan, terdapak 279 pintu perlintasan kereta api yang rawan kecelakaan. "Ke-279 pintu kereta api itu tidak dijaga oleh petugas," ungkap Suprapto, juru bicara PT KAI Daop IX Jember kepada Kompas.com, Selasa (10/12/2013).

Ia mengungkapkan hanya ada 92 pintu perlintasan yang dijaga. "Banyaknya pintu perlintasan yang tidak dijaga disebabkan banyak faktor antara lain munculnya permukiman-permukiman baru serta jalan yang dibukan oleh masyarakat secara liar. Sehingga kewenangan untuk menjaga pintu perlintasan tersebut bukan pada pihak PT KAI," ungkapya.

Dia mengungkapkan untuk menekan angka kecelakaan, pihak PT KAI Daop IX Jember telah memasang rambu-rambu peringatan di sepanjang jalan yang dilalui kereta api, serta spanduk himbauan agar masyarakat lebih waspada saat melintas di rel kereta api tanpa palang pintu.

"Kami juga berharap agar masyarakat juga memahami undang-undang tentang perkeretapian dan mendahulukan perjalanan kereta api sehingga kecelakaan di pintu perlintasan kereta api dapat ditekan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com