Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Boediono Dicopot, Mahasiswa Tebarkan Uang Receh di DPRD

Kompas.com - 09/12/2013, 16:00 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Ratusan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Malang, Jawa Timur berunjuk rasa mendesak Wakil Presiden Boediono segera dicopot dari jabatannya. Mereka menilai Boediono terlibat dalam kasus korupsi Bank Century.

"Boediono jelas sudah terlibat kasus Bank Centry. Karena sebelum jadi Wakil Presiden, ia menjabat Gubernur Bank Indonesia. Hukum harus tidak ada tebang pilih. Siapapun pelakunya harus diusut tuntas," tegas Ketua Umum PMII Kota Malang, Sahrul Hidayat yang juga koordinator aksi, di sela-sela aksi, Senin (9/12/2013).

Selain itu, mahasiswa juga mendesak agar kasus korupsi Hambang diusut tuntas. Kasus ini juga menjerat mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

"Sekali lagi, siapapun pelakunya harus diusut tuntas. Mari bersihkan Indonesia dari kasus korupsi dan seret para koruptor. Dana pensiun anggota dewan harus dihapus, karena akan menguras dana APBN," katanya.

Dalam aksi itu, mahasiswa juga serentak menabur uang receh di depan kantor Balai Kota Malang. Hal itu sebagai simbol bahwa kantor pemerintahan harus bersih dari sikap korupsi yang merugikan negara.

Di akhir demonya, para mahasiswa juga membakar ban bekas di depan kantor DPRD Kota Malang. Namun, api langsung dimatikan oleh pihak kepolisian yang mengamankan unjuk rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com