Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Sejarah di Museum Benteng Vredeburg di Mall

Kompas.com - 08/12/2013, 16:36 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Tidak kurang dari 60 koleksi bertema kepahlawanan milik museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dipamerkan di Armada Town Square (Artos) Mall, Magelang, Jawa Tengah.

Pameran itu merupakan salah satu upaya untuk menarik minat masyarakat datang ke museum. Pameran yang dibuka selama empat hari sejak Sabtu (7/12/2013) itu menyuguhi pengunjung dengan replika-replika pahlawan nasional seperti Ir Soekarno, Bung Hatta, RA Kartini, Pangeran Diponegoro dan lain sebagainya.

Replika juga disertai narasi sejarah dari tokoh tersebut. Selain itu, ditampilkan pula koleksi dokumen sejarah hingga foto-foto aktivitas beberapa pahlawan bangsa.

"Koleksi yang kami display di pameran ini hanya 10 persen dari total koleksi yang kami miliki sebanyak 6.700-an koleksi," ujar Suharjo, Kasubag Tata Usaha (TU) Museum Benteng Vrederburg Yogyakarta, usai membuka pameran, Sabtu (7/12/2013).

Suharjo mengatakan, pihaknya sengaja menggelar pameran di pusat perbelanjaan itu karena ingin lebih dekat serta pengenalan kepada masyarakat Magelang, Temanggung, Wonosobo dan sekitarnya tentang Museum Benteng Vredeburg. Utamanya, dengan generasi muda yang dinilai kerap mengunjungi mall.

"Kita ingin lebih dikenal, dicintai, dan dimanfaatkan secara proporsional sebagai sumber pendidikan dan rekreasi masyarakat," imbuh Suharjo.

Melalui pameran itu, lanjut Suharjo, sekaligus untuk mengoptimalkan Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2014. Generasi muda diharapkan bisa memanfaatkan museum sebagai media pembelajaran serta media perlawatan masa silam melalui koleksi-koleksinya.

"Sehingga diharap nilai-nilai sejarah dan kejuangan dapat memberi pengaruh positif pada aspek kognitif, afektif, dan prikomotorik generasi muda dan anak-anak,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com