Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Minahasa Tenggara, 60 Rumah Rusak, 1 Orang Hilang

Kompas.com - 06/12/2013, 15:52 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com — Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap menjelaskan, ada sekitar 60 rumah warga yang diterjang banjir bandang di Kecamatan Ratahan.

"Ada sepuluh rumah yang mengalami rusak total, bahkan hanyut dibawa banjir," jelas Sumendap yang tiba di lokasi bencana, Jumat (6/12/2013) sore.

Banjir bandang tersebut menerjang lima desa di Kecamatan Ratahan. Banjir yang membawa serta lumpur dan kayu-kayu berukuran besar terjadi pada Kamis (5/12/2013) kemarin menjelang malam. Air yang datang tiba-tiba membuat warga tidak sempat menyelamatkan barang mereka.

"Hingga kini dilaporkan ada satu korban yang terseret banjir dan belum ditemukan, anak kecil berusia 11 tahun," jelas Sumendap.

Selain puluhan rumah, banjir juga mengakibatkan beberapa gedung gereja dan fasilitas umum, seperti jembatan, rusak direndam lumpur. Puluhan hektar sawah dan beberapa mobil juga rusak parah akibat tertimbun lumpur yang terbawa banjir tersebut.

"Bantuan sudah mulai diturunkan, terutama posko kesehatan dan dapur umum. Kami juga sementara berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk dana tanggap darurat," tegas Sumendap.

Dari pantauan Kompas.com, petugas sementara membagikan masker dan berbagai obat yang diperlukan. Tim Basarnas Manado juga kini terlihat sudah berada di lokasi bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com