Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembalakan Liar, Dua Pabrik Kayu Ilegal Digerebek Polisi

Kompas.com - 06/12/2013, 15:36 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satuan Reskrim Polres Tasikmalaya Kota menggerebek dua gudang penyimpanan dan pengolahan kayu ilegal di Kampung Gunung Kalong, Kecamatan Cibeureum dan Jalan Letnan Harun, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya.

Kayu di dua gudang itu diduga hasil pembalakan liar di Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, sebagai lahan milik Perum Perhutani.

Kepala Polres Tasikmalaya Kota, AKBP Noffan Widyayoko mengatakan, di gudang daerah Cibeureum, pihaknya mengamankan sekitar 50 kubik kayu jati gelondongan. Sedangkan di gudang penyimpanan di Indihiang, terdapat sekitar 200 kubik kayu jati gelondongan dan kayu yang sudah diolah menjadi meubeler.

Ditambahkan Noffan, pengungkapan kayu ilegal ini berawal setelah petugas mengetahui ada tiga truk pembawa kayu bakar memasuki wilayah Kota Tasikmalaya. Setelah diperiksa, truk tidak hanya berisi kayu bakar, tapi juga kayu jati.

"Ternyata kayu bakar hanya dijadikan modus untuk menyembunyikan kayu jati yang mereka ambil dari Perhutani," jelas Noffan kepada Kompas.com, Jumat (6/12/2013).

Hasil dari penyelidikan, kayu-kayu tersebut akan dikirim ke dua gudang penyimpanan dan pengolahan kayu tersebut. Kayu jati itu berasal dari hutan Wahana Bakti atau hutan lindung di daerah Cikalong.

"Ditebang dari lokasi hutan Wahana Bakti. Dibawa ke Kota Tasikmalaya untuk diolah atau dijadikan meubel," kata Noffan.

Untuk sementara, polisi telah mengamankan dua pegawai gudang penyimpanan kayu untuk dimintai keterangan. Sementara, Wakil Ketua Administratur Perhutani Tasikmalaya, Diki Marwan menambahkan, pihaknya telah dirugikan dengan adanya illegal logging di wilayah Cikalong. Tapi pihaknya belum mengidentifikasi berapa jumlah kerugian.

"Jelas kita dirugikan, ada tiga truk pengangkut kayu, satu truk misalkan Rp 5 juta, kalau tiga, kan sudah Rp 15 juta," terang Diki.

Menurut dia, pengiriman kayu bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya sudah ada puluhan kali pengiriman kayu dari wilayah Cikalong ke Kota Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com