Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pegawai Disdik Keracunan Keripik Gadung

Kompas.com - 05/12/2013, 21:49 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


SITUBONDO, KOMPAS.com - Gara-gara memakan keripik gadung (sejenis ubi), sejumlah pegawai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, mengalami keracunan, Kamis (5/12/2013). Mereka mual-mual dan merasa pusing.

Sejumlah korban dievakuasi ke puseksmas terdekat, namun PNS bernama Suyut (53), warga Kecamatan Kendit, harus dirujuk ke RSUD dr Abdoer Rahem karena kondisinya parah. Sedangkan puluhan pegawai lainnya diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan.

Dari keterangan yang dihimpun, keracunan masal bermula saat mereka berpesta keripik gadung yang dibawa seorang pegawai di kantor UPTD. Mereka berebut keripik tersebut. Tak lama kemudian, sejumlah pegawai merasa pusing, mual dan muntah.

Menurut Idrus, pegawai UPTD, beberapa pegawai menduga Suyut pusing karena meminum es buah. Tetapi selang beberapa saat kemudian, ternyata ada sejumlah pegawai lain yang juga merasa pusing dan mual-mual.

“Mereka keracunan keripik gadung itu. Beberapa teman yang keracunan di antaranya Lena, Nuryanto, Ani, dan Sofi. Hanya saja, rasa pusing serta mual-mual yang mereka rasakan tidak separah yang dirasakan Suyut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com