Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.000 Guru Demo Kemenag Banyuwangi

Kompas.com - 05/12/2013, 15:10 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Ribuan guru yang tergabung di PGRI Banyuwangi yang berasal dari 24 kecamatan di wilayah Banyuwangi mendatangi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Kamis (5/11/2013).

Mereka mempertanyakan pembayaran tunjangan profesi pendidik bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SK Kemendikbud yang belum terbayarkan selama kurang lebih 18 bulan.

Menurut Ketua PGRI Banyuwangi Husin Matamin, aksi yang diikuti kurang lebih 5.000 guru juga mendesak kepada Menteri Agama RI agar guru PAI SK Kemendikbud untuk proses sertifikasi dan pembayaran tunjangan profesi pendidiknya dikembalikan ke induknya, yaitu di bawah Kemendikbud RI.

"Ini aksi solidaritas kami yang didukung oleh semua guru, termasuk dari kabupaten Bondowoso, Situbondo, dan Jember. Perwakilan mereka bergabung bersama kami," ungkapnya.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, guru melakukan long march dari Gedung DPRD Banyuwangi dengan membawa poster dan dua truk untuk pengeras suara. "Kami sengaja demo siang hari agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. Janjian jam 12 siang," kata Nanang guru dari Kecamatan Rogojampi.

Sementara itu, saat orasi berlangsung, beberapa perwakilan melakukan mediasi di kantor Kemenag Banyuwangi difasilitasi oleh pihak kepolisian. Akibat aksi tersebut, Jalan Adi Sucipto ditutup total. Kendaraan arah menuju kota dialihkan lewat jalur alternatif melewati Jalan Brawijaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com