Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Kukar Minta Calon Pengelola Blok Mahakam Tidak Gagap

Kompas.com - 04/12/2013, 22:54 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com — Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari tidak mempermasalahkan siapa saja yang akan meneruskan operator Blok Mahakam. Namun, dia meminta, siapa pun operatornya, harus berkomitmen dengan pemerintah daerah terkait partisipasi interest.

“Siapa pun yang akan mengelola Blok Mahakam, saya tidak masalah, karena saya tidak punya hak untuk melarang. Tetapi, pengelolaannya harus tetap komitmen soal partisipasi interest pada pemda,” katanya, Rabu (4/12/2013).

Rita berharap, untuk calon operator selanjutnya tidak gagap dalam mengelola Blok Mahakam. Pasalnya, selama ini, pembagian bahan bakar di Kukar tidak stabil sehingga masyarakat Kukar masih harus mengantre untuk mendapatkan bahan bakar yang diperlukan.

“Selama ini, pembagian bahan bakar saja tidak stabil. Masyarakat masih antre, ini yang harus diperhatikan untuk pengelola selanjutnya,” katanya.

Persoalan Blok Mahakam ini memang belum ada kejelasan. Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak pernah menyerukan agar Blok Mahakam dikelola Pertamina. Dia juga mengusulkan adanya partisipasi daerah, kabupaten, dan provinsi dalam pengelolaan blok kaya migas tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com