Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Harus Segera Canangkan Program Kota Layak Anak

Kompas.com - 04/12/2013, 22:33 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Banyaknya jumlah kasus kekerasan terhadap anak di Provinsi Jawa Barat harus ditanggapi serius oleh Gubernur Ahmad Heryawan. Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Arist Merdeka Sirait, mengatakan, Gubernur Jabar harus secepatnya mencanangkan program kota/kabupaten layak anak di seluruh wilayah Jawa Barat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jawa Barat menduduki urutan tertinggi ketiga jumlah kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia. Dari 21 juta kasus kekerasan terhadap anak di seluruh Indonesia, sebanyak 6,5 juta kasus atau 38 persen terjadi di Jawa Barat.

"Harapannya, kalau itu (kota/kabupaten layak anak) dicanangkan, kejahatan terhadap anak bisa berkurang. Kalau tidak dicanangkan, maka kasus tidak akan pernah berhenti," kata Arist di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (4/12/2013).

Arist mengakui memang sulit untuk benar-benar menghilangkan kasus kekerasan terhadap anak. Minimal, kata Arist, pemerintah provinsi bisa mendorong seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat mengambil langkah awal sebagai ancang-ancang menuju kota/kabupaten layak anak.

"Saya rasa kita harus dukung untuk menuju kota/kabupaten layak anak. Kalau tidak, itu bersifat pengabaian dan pelanggaran," tuturnya.

Arist menjelaskan, ada 18 indikasi untuk menjadi kota/kabupaten layak anak. Dari 18 indikasi tersebut di antaranya adalah tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena kemiskinan; tidak ada lagi anak yang menjadi korban kekerasan dan; tidak ada lagi anak yang ditolak ketika berobat di rumah sakit.

Selain itu, kota atau kabupaten juga menyiapkan ruang terbuka hijau untuk tempat bermain gratis dan menyediakan trotoar dan bus untuk anak-anak sekolah. "Anak juga punya hak untuk didengar pendapatnya. Untuk itu perlu juga adanya forum-forum untuk dijadikan bahan pertimbangan para pengambil kebijakan," bebernya.

Arist pun meminta kepada Gubernur Jabar untuk mengambil contoh beberapa kota yang sudah lebih dahulu mencanangkan diri sebagai kota layak anak. Salah satu kota yang telah menyanangkan diri adalah kota Surakarta atau Solo.

"Sewaktu menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi dulu pernah mencanangkan Solo sebagai kota layak anak. Hingga saat ini Solo sering dijadikan orientasi banyak pejabat untuk melihat kondisi kota layak anak," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com