Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Kekerasan di Jabar, Ketiga Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 04/12/2013, 21:55 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Arist Merdeka Sirait mengatakan, Jawa Barat merupakan provinsi ketiga dengan jumlah kasus kekerasan terhadap anak tertinggi di Indonesia.

"Kekerasan terhadap anak di Jawa Barat adalah urutan nomor tiga dengan jumlah kasus terbanyak. Yang pertama adalah Jakarta dan Makassar berada di peringkat nomor dua," kata Arist di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (4/12/2013).

Lebih lanjut Arist menambahkan, jumlah total kekerasan terhadap anak di semua provinsi di Indonesia mencapai 21 juta kasus terlapor hingga akhir tahun 2013. Jika total kekerasan terhadap anak di Jawa Barat mencapai 38 persen, artinya, sebanyak 6.510.000 kasus terjadi di Jawa Barat. "Di Jakarta itu mencapai 48 persen," bebernya.

Sementara itu, KPAI mencatat korban-korban kekerasan terhadap anak yang paling muda berumur 9 bulan. Sementara yang paling dewasa mencapai usia 15 tahun. Dari semua kasus kekerasan terhadap anak yang ada, kata Arist, sebanyak 62 persen berupa kekerasan seksual yang tidak jarang dilakukan di luar akal sehat.

"Kejahatan seksual itu sudah menjadi ancaman yang sangat luar biasa. Mau tidak mau harus kita perangi," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com