Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polandia Kembali Salurkan Bantuan untuk Warga TTU

Kompas.com - 04/12/2013, 11:05 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Pemerintah Polandia melalui kedutaannya di Jakarta menyalurkan bantuan kepada sejumlah warga di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur.

Terhitung hingga saat ini sudah tiga kali bantuan itu diberikan. Pada tahun 2011 bantuan peralatan komputer, mebel dan furnitur, peralatan kesehatan serta pembangkit listrik. Tahun 2012 mengalir bantuan untuk pembangunan gedung asrama di Manufui, Kecamatan Biboki Selatan, TTU.

Terakhir pada tahun 2013, Polandia memberikan bantuan untuk pembangunan gedung asrama di Panti Katarina Mena, Kecamatan Biboki Anleu.

Wakil Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Igor Kaczmarczyk, saat bertemu dengan Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes di kantor Bupati TTU, Selasa (3/12/2013) kemarin mengatakan, bantuan tersebut adalah upaya untuk meningkatkan kerja sama antara Polandia dan Indonesia yang sudah dibina sejak lama.

“Yang pertama kita ingin menjalin hubungan yang baik dengan Indonesia karena kita sudah menjalin hubungan diplomatik yang sudah lama yakni sejak tahun 1955. Kedua kita ingin agar penerima manfaat dari bantuan itu bisa menjadi duta Polandia di Indonesia sehingga kita ingin berinvestasi dalam hubungan antar manusia dengan manusia. Kami anggap sangat penting hubungan antara Polandia dan Indonesia di masa yang akan datang,” kata Igor.

Menurut Igor, untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah Polandia, bisa melalui pemerintah atau melalui LSM dengan mengajukan proposal. ”Saat proposal itu kita terima, kita akan coba mengajukan ke kantor pusat kita di Kementerian Luar Negeri Polandia dan kemudian disetujui baru permintaan itu akan dilaksanakan,” ungkap dia.

Selain bantuan itu, kata Igor, pihaknya juga akan menjajal kerja sama di bidang ekonomi dengan mendatangkan sejumlah pengusaha dari Polandia untuk bisa kerja sama dengan pengusaha NTT dan TTU.

“Ke depannya ada beberapa hal yang sudah kita bicarakan untuk penjajakan kerja sama di beberapa sektor seperti pertambangan, pariwisata, peternakan, perikanan. Yang coba kita lakukan yakni penguatan kerja sama ekonomi yang dimulai dengan membuat forum bisnis untuk mempertemukan pengusaha Polandia dengan pengusaha di NTT (TTU) yang akan difasilitasi oleh pemerintah Polandia melalui pihak kedutaan,” ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com