Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, Jalan di Garut Selatan Tertimbun Longsor

Kompas.com - 04/12/2013, 05:35 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah selatan Garut, Selasa (3/12/2013) petang, menyebabkan sejumlah ruas jalan di wilayah itu tertimbun longsor. Beberapa akses antarwilayah pun putus.

Di antara ruas jalan dengan kondisi terparah adalah jalan Cisarua-Cisewu pada Kilometer 11. Ruas ini tertimbun longsor sepanjang 20 meter dengan lebar 5 meter dan ketinggian material rata-rata 1,5 meter.

"Informasinya kami terima dari Kadis Binamarga. Penyebabnya air irigasi meluap dengan debit cukup besar setelah hujan deras," kata Basuki Eko, Kepala Bagian Informatika Setda Garut, Rabu (4/12/2013) dini hari, melalui sambungan telepon.

Akibat peristiwa itu, sambung Eko, warga di sejumlah desa yang terhubung dengan jalan itu tak lagi memiliki akses. "Praktis jalur tertutup dan repotnya tidak jalan alternatif," kata dia.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Dikdik Hendrajaya mengatakan, longsor akibat hujan deras juga telah menutup sejumlah ruas jalan antara Cisewu-Rancabuaya.

"Masih dilakukan pembersihan material longsoran oleh masyarakat dan aparat dengan manual," kata Dikdik. Ia menambahkan, pada titik longsor di Km 11 Cisarua-Cisewu yang berstatus jalan provinsi, BPBD Garut masih menunggu bantuan alat berat untuk mengatasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com