Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polandia Jajaki Kerja Sama Ekonomi dengan TTU

Kompas.com - 03/12/2013, 19:21 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Wakil Duta Besar Polandia Untuk Indonesia, Igor Kaczmarczyk mengatakan akan memfasilitasi pertemuan antara pengusaha Polandia dan pengusaha Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Timor Tengah Utara (TTU). Hal tersebut disampaikan Igor saat bertemu Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes di ruang kantor Bupati TTU, Selasa (3/12/2013) siang.

Igor menjelaskan, untuk ke depannya, pihaknya akan membicarakan penjajakan kerja sama di beberapa sektor seperti pertambangan, pariwisata, peternakan, dan perikanan.

"Yang coba kita lakukan, yakni penguatan kerja sama ekonomi yang dimulai dengan membuat forum bisnis untuk mempertemukan pengusaha Polandia dengan pengusaha di NTT (TTU) yang akan difasilitasi oleh Pemerintah Polandia melalui pihak kedutaan,” jelas Igor.

“Kita tidak bisa menggaransi ini akan berhasil, tetapi kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memfasilitasi kerja sama di antara kedua belah pihak ini," lanjutnya.

Igor mengatakan sudah tiga kali mengunjungi TTU sehingga dia tahu persis topografi wilayah TTU. "Terhitung dengan tahun ini kita sudah tiga kali berikan bantuan untuk sejumlah tempat di TTU, yakni sejak tahun 2011, 2012 dan tahun ini. Bantuan yang sudah kita berikan di antaranya peralatan komputer, meubeler, furnitur, alat-alat kesehatan, pembangkit listrik dan gedung asrama,” kata Igor.

Sementara itu, Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes menyambut baik bantuan dan rencana kerja sama dari pemerintah Polandia. Menurutnya, kerja sama ini sangat positif untuk kemajuan TTU yang merupakan salah satu daerah tertinggal di Indonesia.

“Sesuai potensi sumber daya alam kita di sini yakni di sektor pertambangan, pariwisata, pertanian, peternakan, dan perikanan. Khusus untuk pertambangan di TTU ada mangan, besi, emas, batu bara, nikel sehingga kita pun menyambut baik rencana pemerintah Polandia untuk mendatangkan pengusaha ataupun investor dari Polandia untuk bekerja sama dengan pengusaha kita,” pungkas Aloysius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com