Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patroli Sepeda Efektif Jaga Keamanan Parepare

Kompas.com - 02/12/2013, 14:23 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.Com -- Ada cara baru untuk memberikan rasa aman dan nyaman di Parepare, Sulawesi Selatan. Sejak beberapa waktu lalu polisi juga menggunakan sepeda untuk berpatroli, demi menjaga keamanan masyarakat.

Selain bertugas menjaga keamanan, patroli polisi bersepeda ini, juga memperingatkan sejumlah pengendara yang memarkir kendaraanya pada badan jalan. Bagi pegendara yang melanggar, polisi bersepeda ini memberikan teguran bersahabat dan tidak langsung menindak.

“Patroli bersepeda ini, juga memantau rumah-rumah warga yang lampunya masih menyala, agar lampunya dimatikan. Patroli ini juga mengingatkan kepada warga, agar jangan meninggalkan rumah saat kompor dan lampu masih menyala, “ Kata Kapolres Parepare, AKBP Himawan Sugeha, Senin (2/12/2013) di ruang kerjanya.

Patroli bersepeda ini, menurut Himawan Sugeha, dirasakan sangat efektif sejak mulai digelar enam bulan lalu. “Patroli bersepeda ini, lebih bisa berbaur dengan masyarakat,“ tambah Himawan.

Tak hanya tunggangannya yang berbeda, seragam polisi bersepeda ini juga lain dari yang lain. Mereka mengenakan pakaian yang lebih santai, demi memberi kesan yang lebih bersahabat kepada masyarakat. Patroli sepeda ini juga dilengkapi dengan senjata gas, untuk mendukung tugas mereka mengamankan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com