Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Pedagang PTM Bengkulu Mogok Jualan

Kompas.com - 28/11/2013, 10:01 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Ratusan pedagang lantai dasar Pasar Tradisional Modern (PTM) di Kota Bengkulu menggelar aksi mogok berjualan. Mereka meminta kepada pengelola pasar agar uang retribusi per hari tidak dinaikkan.

"Kami dikenakan uang retribusi per hari berkisar Rp 1.700 hingga Rp 9.500 tergantung ukuran kios dan awning, nah kenaikan tersebut terus terjadi dalam satu tahun telah beberapa kali naik, maka dari itu mogok merupak bentuk protes kami," kata Surip salah seorang pedagang sepatu, Kamis (27/11/2013).

Saat ini terlihat, ratusan kios di lantai dasar PTM tertutup. Pemandangan ini berbeda dengan hari biasanya yang selalu ramai. Meski aksi mogok dilakukan pedagang di lantai dasar, namun pedagang di lantai atas tidak mogok, karena sistem pembayaran sewa berbeda dengan lantai dasar.

"Kalau kami pedagang lantai atas dikontraknya per tahun jadi kami tidak ada persoalan sementara kalau pedagang bawah mereka bayar harian," kata salah seorang pedagang di lantai atas PTM.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, konfirmasi dari pihak manajemen belum bisa didapat. Pimpinan manajemen PTM tidak berada ditempat. "Bapak sedang ada rapat mas di luar," kata salah seorang staf PTM.

Meski aksi mogok berlangsung damai, beberapa aparat kepolisian dari Polres Bengkulu terlihat berjaga-jaga di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com