Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Demo, Pasien RS Parepare Telantar

Kompas.com - 27/11/2013, 13:35 WIB
Kontributor Pare-Pare, Darwiaty Ambo Dalle

Penulis


PAREPARE, KOMPAS.com - Ratusan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, terlantar, Rabu (27/11/2013), karena para dokter melakukan aksi mogok sebagai bentuk solidaritas terhadap tiga dokter di Manado, Sulawesi Utara.

Akibat aksi yang dipimpin Ketua IDI Parepare, dr Kamaruddin, itu pelayanan kesehatan maupun yang menjalani rawat inap maupun rawat jalan, terhenti. Sejumlah ruang pelayanan pasien seperti poliklinik dan bangsal pun, terlihat lengang.

Dalam aksinya, para dokter mendesak agar ketiga rekan mereka itu dibebaskan dari tuntutan hukum. Ketua IDI, Kamaruddin mengatakan, sejauh ini, para dokter telah menjalankan tugasnya selaku tenaga medis terhadap masyarakat, dengan ikhlas dan tulus.

"Apa yang dilakukan rekan kami (dokter) di Manado, adalah upaya yang telah dilakukan dalam menyelamatkan ibu dari persalinan yang sulit," katanya.  

Sementara sejumlah pasien mengaku kecewa atas aksi mogok kerja yang dilakukan para dokter. Pasalnya, sejak pagi hingga siang tadi, mereka sama sekali belum mendapat pelayanan.

"Terang saja aksi demo dan mogok kerja dokter merugikan kami. Karena tidak ada informasi lagi yang kami dapatkan terkait perkembangan kesehatan kami. Yang kasihan pasien di UGD," kata Suci, salah seorang keluarga pasien.

Hal yang sama dikatakan Rahma, keluarga pasien lainnya. Dia berharap, harusnya aksi solidaritas terhadap sesama dokter, tidak lalu mengabaikan dan merugikan masyarakat pasien. "Karena yang kami tahu, pelayanan terhadap pasien adalah tanggung jawab mereka (dokter)," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com