Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

180 Dokter dan Paramedis 'Longmarch' di Pantura Brebes

Kompas.com - 27/11/2013, 10:59 WIB
Kontributor KompasTV, Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Sekira 180 dokter dan perawat berunjuk rasa di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Brebes, Jawa Tengah, Rabu (27/11/13).

Sebelumnya para dokter melakukan aksi long march di jalur pantai utara di  Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Gadjah Mada, sejauh kurang lebih satu kilometer. Akibat aksi ini, jalur lalu lintas dari arah Semarang-Jakarta dan arah sebaliknya sempat tersendat.

Dalam orasinya di depan Gedung DPRD Brebes, mereka menuntut pemberhentian kriminilalisasi terhadap profesi dokter, seperti yang dialami tiga dokter di Manado.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Brebes, dr Saptono, mengatakan, aksi yang dilakukan adalah bentuk solidaritas sesama rekan seprofesi. "Kami ingin semua masalah cepat selesai, karena jika tidak mengganggu kinerja saat menghadapi pasien padahal sesuai prosedur," kata Saptono.

Dalam aksi ini, seluruh kegiatan dokter di Brebes berhenti, kecuali layanan di unit gawat darurat.

Sartono menambahkan, bila aksi demo ini tidak ditanggapi, maka para dokter akan melakukan aksi lagi dengan massa yang lebih banyak. "Sekitar 380 tenaga medis se Kabupaten Brebes akan demo lagi jika tuntutan tidak terealisasi, tentunya dengan sound system yang lebih besar," tambah Sartono

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com