Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logistik Pemilukada Maluku Didistribusikan

Kompas.com - 25/11/2013, 17:15 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Maluku mulai mendistribusikan logistik putaran dua Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Maluku putaran kedua ke sejumlah wilayah terpencil yang sulit dijangkau.

Pengiriman logistik tersebut dimulai Senin (25/11/2013) dini hari, yakni ke Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dengan menggunakan kapal milik PT Pelni, KM Pangorango.

Logistik yang dikirim adalah surat suara, tinta, serta seluruh perlengkapan untuk pencoblosan Pemilukada putaran kedua yang akan berlangsung pada 14 Desember 2013 nanti. Distribusi logistik ini sendiri dikawal ketat aparat kepolisian dari Polda Maluku.

Anggota Divisi Data dan Humas KPU Maluku, Musa Toekan mengatakan, pihaknya mendahulukan pendistribusian logistik Pemilukada ke dua kabupaten tersebut karena daerahnya terpencil dan sulit akses transportasi.

“Distribusi logistik Pilkada putaran kedua mulai dilakukan. Dan kita dahulukan ke dua kabupaten yang sulit transportasinya, yakni Kabupaten MBD dan MTB. Nanti setelah itu baru ke kabupaten lainnya,” kata Musa kepada wartawan di sela – sela rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Maluku dengan Bupati dan Walikota, serta anggota KPU se Maluku, Senin siang tadi.

Ia menyebutkan, khusus surat suara yang dikirim tersebut sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dan ditambah 2,5 persen. Musa menyatakan, sesuai jadwal kapal, logistik Pemilukada untuk Kabupaten MTB akan tiba pada Rabu (27/11/2013), sedangkan untuk MBD tiba pada Jumat (29/11/2013).

Dari ibukota kabupaten, logistik Pilkada kemudian dikirim lagi ke pulau – pulau terpencil di wilayah tersebut. “Kita pastikan, seminggu sebelum Pemilukada Maluku putaran kedua digelar, seluruh logistik Pilkada sudah sampai di tiap kecamatan di wilayah Maluku,” katanya.

Dalam rapat koordinasi Pemerintah Provinsi Maluku dengan bupati, wali kota, anggota DPRD dan KPU se-Maluku, dinyatakan bahawa semua kepala daerah mendukung pelaksanaan Pemilukada Maluku putaran kedua.

“Rapat kerja ini untuk mengkoordinasikan kesiapan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Pilkada putaran kedua, dan semua siap mendukung pesta demokrasi itu,” kata Penjabat Gubernur Maluku Saut Sitomorang.

Pemilukada Maluku putaran kedua digelar pada 14 Desember mendatang, akan diikuti dua pasangan calon gubernur, yakni Said Assagaff - Zeth Sahuburua (Setia) yang diusung partai Golkar dan Abdullah Vanath – Marthin Jonas Maspaitella (Damai) yang diusung 14 partai nonparlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com