Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mappere, Ayunan Raksasa untuk Rayakan Panen di Bone

Kompas.com - 24/11/2013, 18:24 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis


BONE, KOMPAS.com - Sambut panen raya, ratusan petani di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar Mappere atau berayun setinggi 15 meter. Selain itu, warga juga menggelar ritual Massempe atau saling tendang.

Selain sebagai simbol rasa syukur atas kelimpahan panen tradisi ini juga sebagai ajang silaturahim warga. Minggu, (24/11/2013).

Ratusan petani di Dusun Watangmelle, Desa Melle, Kecamatan Duoboccoe memenuhi lapangan setempat untuk menggelar pesta tahunan yang dikenal dengan tradisi Mappere dan Massempe.

Mappere atau berayun setinggi 15 meter terbilang unik. Pasalnya, tali ayunan ini terbuat dari kulit kerbau yang dikeringkan hingga membentang 100 meter.

Tradisi yang dimulai pada pukul 06.00 Wita ini diawali dengan penyembelihan seekor kerbau yang nantinya akan disajikan kepada seluruh warga.

Selain itu, kulit kerbau ini dikupas memanjang seperti tali sepanjang 120 meter. Kulit kerbau itulah yang kemudian dibuat tali ayunan.

Untuk memeriahkan pesta rakyat ini juga digelar tradisi Mappadendang atau menumbuk lesung yang dilakukan oleh sejumlah ibu rumah tangga (IRT) dan pria dewasa.

Sementara para anak muda berkumpul di tengah lapangan untuk menggelar tradisi Massempe atau saling tendang. Dalam tradisi ini sejumlah pria dewasa berjalan ditengah lapangan sambil melambaikan tangan sebagai pertanda mencari lawan.

Jika lambaian tangan tersebut terbalas dari para penonton artinya akan terlibat duel di tengah lapangan. Dalam duel ini para peserta saling tendang dan tak boleh menggunakan tangan. Duel ini juga ditengahi oleh dua juri yang merupakan tokoh adat setempat. Tradisi ini kemudian ditutup dengan ritual Mappere.

"Tradisi ini tidak tiap kami lakukan tergantung dari hasil panen kalau hasil panennya berlimpah maka kami lakukan," kata Syamsul Bahri, kepala desa setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com