Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dandan Kepagian, Puluhan Penari Kolosal Dirawat

Kompas.com - 23/11/2013, 16:32 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Puluhan penari Gandrung yang mengikuti aksi Paju Gandrung Sewu dalam rangka Banyuwangi Festival, terpaksa dirawat di posko kesehatan di Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu (23/11/2013).

Menurut Endang, salah satu petugas medis yang menjaga posko kesehatan, mereka yang dirawat rata-rata mengeluhkan pusing dan kelelahan.

"Tindakan yang kami lakukan memeriksa tensi, memberikan obat dan menyuruh mereka istirahat. Ketika sudah enakan, mereka bisa kembali ke rombongan," jelasnya.

Wahyu, salah satu penari yang dirawat mengaku kelelahan karena dandan terlalu pagi. "Kemarin ikut gladi bersih.Tadi juga dandan mulai jam 5 pagi. Ada juga teman-teman yang dandan mulai jam 3 pagi," jelas salah satu penari Paju Gandrung asal Kecamatan Gambiran ini.

Tari kolosal Paju Gandrung Sewu digelar Sabtu (23/11/2013) dengan melibatkan 1.053 pasang penari alias 2.106 penari dengan kostum dominasi warna merah. Para penari berusia dari 9 hingga 71 tahun.

Selain dihadiri oleh ribuan masyarakat Banyuwangi, Paju Gandrung Sewu dalam festival Banyuwangi ini juga dihadiri langsung mantan Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com