Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haji Asal Simalungun Disambut Shalawat Marhaba

Kompas.com - 21/11/2013, 17:50 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Simalungun menggelar tepung tawar menyambut para jemaah haji yang baru di tanah air. Acara itu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kepulangan jemaah haji dalam keadaan sehat dan selamat.

Acara tepung tawar itu sendiri bertempat di halaman Kantor DPP Presidum Partuha Maujana Simalungun di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Kamis (21/11/2013). Mengawali acara, dibacakan ayat suci Al Quran oleh Ratna Yurni Caniago.

Pelaksanaan tepung tawar juga diiringi shalawat marhaba yang dibawakan oleh Grup Latahzan dari Kementerian Agama, serta ditandai dangan penyerahan bale kepada masing-masing perwakilan jemaah haji pria dan wanita oleh Bupati Simalungun, JR Saragih.

Kepala Staf Haji Kabupaten Simalungun, Muslim Lubis menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Simalungun yang telah memfasilitasi jemaah haji, mulai dari pemberangkatan hingga kembalinya dari menunaikan ibadah haji. Disebutkan, jumlah jemaah haji dari Kabupaten Simalungun sebanyak 104 orang yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) X Embarkasi Medan.

"Dalam pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik begitu juga saat kembali dalam keadaan sehat walafiat," katanya.

Dia menjelaskan, penghitungan sementara jemaah haji Provinsi Sumatera Utara yang akan berangkat pada 2014 sebanyak 5.738 orang, termasuk di dalamnya jemaah haji Kabupaten Simalungun sebanyak 92 orang. Untuk jemaah calon haji yang masuk daftar tunggu asal Kabupaten Simalungun sekitar 1.500 orang.

Amruddin Sihotang, salah seorang jemaah haji mengatakan, banyak kesan yang sulit dilupakan saat melaksanakan ibadah haji. "Namun pesan yang disampaikan Bupati Simalungun saat pemberangkatan tetap dilaksanakan, yaitu menjaga nama baik daerah," katanya.

Sihotang juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang telah memberikan bantuan, termasuk uang saku yang sangat membantu para jemaah saat berada di tanah suci Mekah.

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun JR Saragih menyampaikan harapannya agar para jemaah haji dapat menjadi teladan di tengah-tengah keluarga, masyarakat dan khususnya bagi yang akan berangkat untuk menunaikan ibadah haji pada tahun mendatang.

"Untuk tahun depan Pemkab Simalungun terus berupaya memberikan yang terbaik bagi jemaah haji, bahkan untuk tahun depan Pemkab Simalungun akan berupaya agar biaya makan para jemaah haji selama menunaikan ibadah, ditampung dalam APBD," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com