Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Garut Gagalkan Penyelundupan 106 Imigran Gelap

Kompas.com - 18/11/2013, 18:57 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Sedikitnya 106 imigran gelap etnis Rohingnya diamankan aparat Polsek Cibalong, Garut, dalam upayanya menyeberang ke Australia melalui pantai selatan Garut. Tiga kendaraan yang mengangkut para imigran ini dihentikan tepat di depan Mapolsek Cibalong pada Minggu (17/11/2013) pukul empat dini hari.

Kapolres Garut, AKP Arief Rachman mengungkapkan, sindikat penyelundup manusia nampaknya mengira momentum pilkada membuat aparat lengah. "Mungkin dikira semua kekuatan kita fokus pengamanan pilkada. Padahal kita tetap cadangkan (personel) untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang lain," katanya, Senin (18/11/2013) siang.

Para imigran gelap tersebut terdiri dari 67 pria dan 19 wanita, termasuk 20 anak-anak. Mereka datang secara berkelompok menggunakan bus "E Trans" nopol B 7808 IZ, minibus Toyota Avanza nopol B 2290 RK dan Suzuki APV nopol B 7147 JK.

"Dari hasil pemeriksaan, rencana para imigran ini akan menyeberang di pantai Cipangikis, Desa Sancang, Kecamatan Cibalong. Bus langsung ditangkap di depan mapolsek," ujar Arief.

Saat ini, ratusan imigran telah dikirim ke kantor Imigrasi Tasikmalaya untuk menjalani karantina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com