Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kubu Klaim Menang, KPU Garut Imbau Warga Bersabar

Kompas.com - 18/11/2013, 16:33 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Masyarakat Garut menghadapi kebingungan menyusul aksi saling klaim kemenangan dari dua kubu peserta pilkada putaran kedua. Melihat situasi tersebut, KPU Garut mengimbau masyarakat tak resah.

"Kami menyarankan agar masyarakat tidak terlalu mempercayai hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang merilis kemenangan kedua calon. Sabarlah untuk mengikuti tahapan yang dijadwalkan," kata ketua KPU Garut, Aja Rowikarim di kantornya, Jalan Suherman, Tarogong, Garut, Senin (18/11/2013).

Pihaknya mempersilakan masyarakat untuk mencermati hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara yang akan dilaksanakan 26 November mendatang. "Hasil pleno rekapitulasi itulah yang secara sah menetapkan siapa calon yang unggul perolehan suaranya. Jika ada kekeliruan dalam form C di tingkat PPK misalnya, silakan pihak yang dirugikan menggungat ke MK," jelasnya.

Sebelumnya, KPU sendiri memutuskan tidak menggelar quick count lantaran khawatir adanya protes dari salah satu pihak, seperti yang terjadi pada putaran kedua. Kini, adanya saling klaim kemenangan atas hasil pilkada putaran kedua, masyarakat Garut menjadi bingung sekaligus resah.

Dari pantauan Kompas.com, penjagaan kantor KPU sejak kemarin ditingkatkan dari biasanya. Apalagi menyusul hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang mengunggulkan keduanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com