Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putaran Kedua Pilkada Garut, Dua Pasangan Klaim Kemenangan

Kompas.com - 18/11/2013, 06:26 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Dua pasang calon yang bertarung dalam putaran kedua Pilkada Garut, Minggu (17/11/2013), sama-sama mengklaim kemenangan. Masing-masing menggunakan dasar klaim dari hitung cepat.

Bila pasangan Rudi Gunawan dan Helmi Budiman mengklaim hitung cepat menyebutkan mereka mengantungi 53,66 suara, pasangan Agus dan Hamdani dan Abdusy Syakur menyebut perolehan suara mereka mencapai 52 persen.

Sementara itu, lembaga survei Instrat merilis hasil hitung cepat mereka, yang mengunggulkan pasangan nomor urut 8, Rudi dan Helmi, dengan suara 55,35 persen. Adapun pasangan nomor urut 5, Agus dan Syakur, menurut lembaga survei ini mendapatkan 44,65 persen suara.

"Hitung cepat ini kami ambil dari 400 TPS," kata Hendry Baskoro, Direktur Lembaga Survei Instrat, Minggu malam. Sebelumnya, lembaga yang sama menyebutkan ada penurunan 8 persen partisipasi pemilih pada putaran kedua Pilkada Garut dibandingkan pada putaran pertama.
"KPU kami nilai tak gencar melakukan sosialisai sehingga banyak yang golput," ujar Hendry.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com