Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menag Pimpin Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Kompas.com - 16/11/2013, 16:34 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Menteri Agama Suryadharma Ali melakukan gerak jalan santai dengan puluhan ribu warga Jawa Barat, Sabtu (16/11/2013), di Bandung. Start berawal dari lapangan Gazibu (Gedung Sate) mengelilingi beberapa ruas jalan di Bandung dan finis di Gedung Sate.

Suryadharma ditemani rombongan dari Kemenag dan para politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hadir pula Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz. Pantauan Kompas.com, puluhan ribu warga Jabar dari berbagai kalangan menyusuri ruas jalan di Bandung. Marching band dan barongsai menambah suasana ramai kegiatan tersebut.

Suryadharma mengatakan, Jawa Barat merupakan provinsi kedua digelarnya gerak jalan santai setelah dilakukan di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Namun, saat ini diadakan di Jawa Barat. Menurutnya, digelarnya acara akbar ini tujuan utamanya adalah menjaga dan mempererat kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Kita menginginkan kerukunan umat beragama itu tetap terjaga, oleh karenanya, supaya terbangun kebersamaan di antara umat beragama di negeri kita," kata Suryadharma kepada wartawan di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Sabtu, (16/11/2013).

Suryadharma menegaskan, kerukunan beragama penting untuk memperkokoh persatuan Tanah Air ini. "Kerukunan itu penting. Saya katakan, tidak ada pembangunan tanpa kerukunan, tidak ada kebersamaan tanpa kerukunan, tidak ada persatuan tanpa kerukunan, tidak ada perdamaian tanpa kerukunan," tegasnya.

"Rukun antarsuku, rukun antarbudaya, rukun antarkelompok tertentu dan yang paling penting rukun antar-umat beragama," tambahnya.

Suryadharma mengatakan, jika satu sama lain rukun dan saling menghargai, bangsa Indonesia tidak akan mudah dipecah-belah dan akan mampu lebih baik lagi pada masa mendatang. "Kalau kerukunan tercipta, Insya Allah Indonesia akan jauh lebih baik di masa yang akan datang," pungkasnya.

Dalam rangkaian acara gerak jalan tersebut terdapat undian paket umrah, berbagai macam hadiah, dan sumbangan serta bantuan kepada siswa dan warga tidak mampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com