Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Minyak Meledak, 13 Orang Terluka Bakar

Kompas.com - 15/11/2013, 22:50 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com -  Sumur minyak mentah bekas milik pertamani di Desa Pertamina, Kecamtan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, meledak saat warga sedang mengambil minyak mentah dengan cara manual, Kamis, (14/11/2013) malam, sekitar pukul 21.10 WIB.

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur AKP Muhayat Effendi yang dihubungi Kompas.com, Jumat (15/11/2013), mengatakan, peristiwa ini mengakibatkan 13 orang mengalami luka bakar dan tiga orang di antaranya dalam kondisi kritis. Sejauh ini, kata Muhayat, tidak ada korban meninggal. Semua korban dirawat di puskesmas terdekat dan rumah sakit setempat.

Sebelumnya dilaporkan, peristiwa itu menewaskan dua warga.
 
Muhayat, menjelaskan saat kejadian warga sedang mengebor sumur minyak di salah satu lubang yang mereka banyak berisi minyak mentah hingga sempat menyebur ke atas. Warga pun berebut untuk menampung minyak.

Sementara itu, seorang pengusaha minyak mentah asal Tanjong Pura, Sumut, menyedot langsung  minyak mentah dari sumur ke dalam drum yang diletakkan di dalam truk,  dengan menggunakan mesin pompa. Kebakaran itu diduga dipicu percikan api ke busi mesin pompa, sehingga sumur minyak tua itu meledak.
 
Sumur minyak  tua yang sudah lama ditinggalkan oleh Pertamina itu selama ini dijadikan salah satu sumber mata pencarian warga desa setempat. Padahal sebelumnya pihak berwenang di Aceh Timur, mengimbau warga untuk tidak mengeksploitasi sumur minyak secara ilegal.

"Kami sudah sering kasih surat, himbauan, tapi tidak diindahkan warga, mereka mengabil minyak mentah itu secara manual selamai ini," tandas Mukayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com