Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolos Sekolah, Puluhan Pelajar Main "Game" di Warnet

Kompas.com - 12/11/2013, 19:34 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Dio Galang, pelajar SMK Kristen 2 Kota Magelang, lebih memilih membolos ketimbang terlambat masuk sekolah. Dio adalah salah satu dari belasan pelajar yang terjaring razia petugas gabungan Satpol PP Kota Magelang, Selasa (12/11/2013). Dio mengaku baru pertama membolos. Lantaran terambat datang ke sekolah, ia pergi ke warung internet (warnet) di Jalan Sriwijaya, Kota Magelang untuk bermain game online.

"Tadi sampai sekolah sudah pukul 07.00 lebih, sudah telat. Mau pulang ke rumah enggak enak sama orangtua, akhirnya main ke warnet,” ujar siswa kelas XI itu.

Ia pun tidak menyangka akan terjaring razia yang dilakukan petugas Satpol PP, Dinas Pendidikan dan polisi hingga akhirnya digelandang ke kantor Dinas Pendidikan setempat untuk dibina. Ia menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan tidak terpuji itu.

Selain Dio, ada belasan siswa lainnya yang juga ikut terjaring razia rutin itu. Kebanyakan mereka masih mengenakan seragam sekolah saat asyik bermain game online di warnet saat jam sekolah. Saat ditangkap, mereka pun tidak bisa berkutik lagi. Mereka lantas dibawa ke kantor Dinas Pendidikan untuk dibina sebelum kemudian diserahkan ke pihak sekolah masing-masing.

"Target utama razia ini memang para pelajar yang membolos saat jam sekolah," papar Joko Tavip, petugas dari Dinas Pendidikan Kota Magelang.

Joko berujar, setidaknya sebulan sekali pihaknya melakukan operasi serupa guna menertibkan para pelajar yang membolos. Dengan target lokasi operasi meliputi seluruh warnet dan tempat hiburan permainan ketangkasan yang ada di wilayah Kota Magelang.

"Berdasar laporan masyarakat, tempat-tempat tersebut memang terbilang sering digunakan untuk tempat membolos pelajar," ungkap Joko.

Selain memberi pembinaan kepada para pelajar itu, pihaknya juga memberikan teguran kepada para pemilik warnet dan arena permainan ketangkasan agar bertindak tegas dengan melarang para pelajar masuk saat jam sekolah.

"Seharusnya pemilik bisnis tersebut juga harus tegas melarang para pelajar berseragam untuk masuk saat masih jam pelajaran di sekolah," tambah Kasi Pembinaan dan Operasional Satpol PP Kota Magelang, Sigit Budiantoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com