Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Siswa SMP di Magelang Kesurupan

Kompas.com - 11/11/2013, 18:27 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Puluhan siswa SMP Muhammadiyah Mungkid, Kabupaten Magelang mengalami kesurupan seusai mengikuti upacara bendera, Senin (11/11/2013). Kejadian itu sempat menarik perhatian warga sekitar.

Salah satu siswa, Nur Huda menceritakan, beberapa saat setelah upacara bendera di halaman sekolah setempat, tiba-tiba ada seorang siswi bernama Ervita pingsan. Tidak berapa lama dia kemudian menjerit dan meronta tidak terkendali.

"Mungkin waktu itu dia (Ervita) melamun lalu kesurupan. Setelah itu ada teman yang lain ikut kesurupan," ujar Huda.

Dia sendiri mengaku sempat ketakutan dan khawatir jika dirinya ikut kesurupan. Pasalnya, kejadian serupa juga menimpa belasan siswa lain yang sedang berada di kelas berbeda.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Ibnu Mundhir menambahkan, kesurupan yang terjadi di sekolahnya sudah ketiga kalinya tahun ini. Siswa kesurupan kali ini, menurutnya, adalah yang terparah dan terbanyak, yakni mencapai 20 orang, perempuan maupun laki-laki. "Mungkin karena anak-anak kecapekan," ujarnya.

Selain memulangkan siswa lebih awal, pihaknya juga mengundang beberapa kiai dan "orang pintar" untuk menyembuhkan siswa kesurupan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihak sekolah terpaksa menghentikan kegiatan belajar dan memulangkan siswa lebih awal. Siswa yang sembuh kesurupan diantar pihak sekolah sampai ke rumah. Ada pula yang dijemput oleh orangtua masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com