Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walikota Ini Tangkap Sendiri Pelaku Vandalisme

Kompas.com - 10/11/2013, 17:58 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Walikota Magelang, Sigit Widyonindito menangkap tangan seorang pelajar, BJ (16), yang tengah melakukan aksi corat-coret fasilitas publik, di kawasan Jalan Kolonel Sugiyono, Kota Magelang, Sabtu malam. Pelajar itu pun langsung dibawa sendiri oleh Sigit ke kantor Kesbangpolinmas Kota Magelang.

"Pak walikota sendiri yang menangkap dan membawanya ke kantor Kesbangpolinmas untuk di interogasi," ujar Sutomo Hariyanto, Kabag Humas Santel Setda Kota Magelang, Minggu (10/11/2013).

Dikatakan Sutomo, pelaku yang masih duduk di kelas X salah satu SMA swasta di Kota Magelang itu tidak beraksi sendiri namun berdua dengan kawan perempuannya usai pulang bermain tenis.

Namun di tengah jalan, BJ yang sudah membawa cat semprot di dalam tasnya tiba-tiba berhenti di tengah jalan dan melakukan aksi corat-coret pagar seng. Saat ditangkap, warga Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah tidak bisa berbuat banyak.

Sementara itu, Singgih Indri Pranggana, Kasatpol PP Kota Magelang menjelaskan, usai dilakukan pemeriksanaan, pelaku dan kawannya lantas dibina dan dipulangkan.

"Dari hasil penyelidikan sementara, keduanya diketahui hanya sebagai korban ancaman dari seseorang berasal dari Yogyakarta. Namun tetap perlu ada penindakan tegas di luar pembinaan untuk memberikan efek jera kepada para pelaku vandalisme,” tandas Singgih.

Jika seseorng terbukti melakukan terbukti melakukan aksi vandalisme, maka ia terjerat pelanggaran Perda No 7 Tahun 2006 tentang Pengotoran Bangunan dengan hukuman pidana 6 bulan atau denda Rp 50 juta.

Sementara itu, BJ mengaku dipaksa seseorang melakukan perbuatan vandalisme. BJ pun merasa ketakutan dengan ancaman orang yang tak dikenalnya itu. Akhirnya, ia nekat membeli dua pilox berwarna silver untuk membuat tulisan ”burn” (membakar) di pagar.

”Saya diancam sekitar satu minggu yang lalu, dipaksa suruh bikin-bikin gambar. Kalau tidak saya mau dipukuli anak-anak Jogja,” kata BJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com