Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Merak-Kediri, Krakatau Jadi KA dengan Rute Terpanjang

Kompas.com - 10/11/2013, 16:00 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - PT Kereta Api meluncurkan trayek baru dengan jurusan Kediri Jawa Timur-Merak Banten, Minggu (10/11/2013). Trayek ini menempuh jarak 868 kilometer sehingga menjadi kereta dengan rute paling panjang di Indonesia.

Kereta yang dinamai Krakatau itu mempunyai 11 rangkaian gerbong. Delapan gerbong diperuntukkan mengangkut penumpang sedangkan sisanya untuk barang. Jumlah tempat duduknya mencapai 448 kursi.

Krakatau menjadi rute terpanjang karena kereta umumnya hanya menempuh jarak tempuh sekitar 700 kilometer. Keberangkatannya dari Kediri itu merupakan pengembangan jalur atau relasi yang sudah ada.

Sejak diresmikan pada Juli 2013, Krakatau awalnya hanya berangkat dari Madiun. Namun karena Kediri dianggap mempunyai potensi penumpang tinggi, kemudian ditambah jalurnya hingga di Kediri.

"Selain itu karena kami ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Gatut Setiyatmoko, Manajer Humas Daop VII PT KA, pada para wartawan di stasiun Kediri.

Waktu pemberangkatannya juga cukup mudah karena tidak malam hari. Berangkat dari Kediri pukul 06.45 Wib dan sampai di Merak pukul 1.39 Wib. Sedangkan pemberangkatan dari Merak pada pukul 08.45 Wib dan tiba di Kediri 02.45 Wib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com