Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Bengkulu

Kompas.com - 10/11/2013, 13:57 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Satu tanaman bunga rafflesia jenis Rafflesia Arnoldi di Provinsi Bengkulu mekar sempurna di Kawasan Cagar Alam Pagar Gunung (kawasan liku sembilan), tepatnya di sekitar jalan lintas Bengkulu-Sumatera Selatan, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Peristiwa yang terjadi Sabtu (9/11/2013) kemarin ini membuat para pengguna jalan tertarik untuk singgah untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Gusti Randa, salah seorang penjaga bunga rafflesia menjelaskan rafflesia biasanya akan mekar selama 10 hari, setelah itu bunga akan membusuk dan layu. Namun, mekarnya rafflesia kali ini termasuk kategori kecil, karena memiliki diameter sekitar 60 sentimeter.

"Jika besar diameternya bisa mencapai 140 sentimeter, kecilnya bunga kali ini disebabkan karena tingginya curah hujan," kata Gusti.

Gusti melanjutkan, jika musim panas atau curah hujan rendah maka mekarnya bunga rafflesia akan sempurna dan besar. Sementara, bongkol (calon bunga) tampak tumbuh di beberapa titik tidak jauh dari sekitar mekarnya bunga itu.

Deni, salah seorang pengunjung, menyebutkan, kedatangannya ke kawasan tersebut karena penasaran ingin menyaksikan dari dekat bunga rafflesia yang mekar itu. "Selama ini saya melihat bunga ini di foto saja, baru kali ini dari dekat," kata Deni.

Untuk menyaksikan bunga ini, pengunjung tidak dikenai tarif, hanya uang sukarela saja yang digunakan para penjaga untuk merawat bunga itu. Bunga rafflesia dapat ditemui di dalam kawasan hutan Bengkulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com