Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepanasan, Banyak Peserta Upacara Hari Pahlawan Pingsan

Kompas.com - 10/11/2013, 09:21 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sejumlah peserta upacara Hari Pahlawan di alun-alun Kendal Jawa Tengah, Minggu (10/11/2013), pingsan karena kepanasan. Para peserta upacara itu pun harus mendapat perawatan dari tim kesehatan yang memang disiagakan di lokasi acara.

Upacara ini diikuti oleh unsur dari  TNI, Polisi, PNS, organisasi kemasyarakatan, pelajar dan pramuka. Sebagai inspektur upacara adalah Kepala Polres Kendal, AKBP Harryo Sigihhartono.

Usai upacara, Harryo mengatakan, “Pahlawan berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Untuk itu, sebagai generasi penerus, kita harus melanjutkan perjuangan para pahlawan tersebut, yaitu dengan cara menjaga keutuhan NKRI,” kata Harryo.

Harryo meyakini, saat ini banyak generasi muda yang tidak mengenal pahlawannya. Kondisi itu tentu menjadi tanggung jawab banyak pihak, sehingga pelajar yang menjadi generasi penerus, bisa mengenal para pahlawan dan mewarisi jiwa kepahlawannya.

“Kami akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, terkait dengan pelajaran sejarah Indonesia,” kata Harryo.

Usai upacara, Kepala Polres bersama Bupati Kendal Widya Kandi Susanti serta jajaran muspida setempat, menuju ke makam pahlawan Kendal di Jalan Sukarno Hatta, untuk melakukan tabur bunga dan doa bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com