Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Sumur Minyak Blok Mahakam, Semburkan Gas Ringan

Kompas.com - 09/11/2013, 23:21 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com – Sumur TN-C414, yang dioperasikan Total E&P Indonesie di Lapangan Tunu, Blok Mahakam, Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Jumat, 8 November 2013, pukul 23:45 WITA, mengeluarkan semburan gas dangkal.

Juru bicara Total E&P, Kristanto Hartadi, menjelaskan semburan tersebut terjadi saat dilakukan pengeboran di sumur TN-C414 di rig Raissa. Gas yang menyembur tersebut, berasal dari reservoir dangkal dengan tidak terindikasi adanya cairan.

“Hanya semburan ringan di rig Raissa. Dilaporkan tidak ada korban cedera dan semua pekerja telah dievakuasi ke fasilitas akomodasi terdekat,” kata Kritanto dalam siaran pers yang diterima wartawan, Sabtu (9/11/2013).

Dijelaskan Kristanto, insiden semburan ringan gas dangkal itu masih terus dipantau dan dipastikan tidak menimbulkan nyala api. Lokasi kejadian juga sudah diamankan dengan menempatkan kapal-kapal pengawas.

Pada tahap ini, berdasarkan pengamatan dari udara, tidak terlihat tumpahan minyak di perairan sekitar rig. “Saat ini Total E&P Indonesie mengerahkan semua sumber daya yang dibutuhkan, untuk melakukan mitigasi terhadap insiden tersebut. Selain itu, kami juga sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak-pihak berwenang yang terkait,” imbuhnya.

Beruntung, insiden ini tidak mempengaruhi produksi. “Total E&P Indonésie kini memproduksi 800 MMSCFD dari lapangan Tunu, dari keseluruhan produksi sebesar 1700 MMSCFD di PSC Mahakam,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com