Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Lintas Barat Lampung Putus Sepanjang 50 Meter

Kompas.com - 07/11/2013, 09:53 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Jalan Lintas Barat Lampung putus sepanjang 50 meter dengan kedalaman 30 meter, Dinas Pekerjaan Umum setempat angkat tangan dalam penanganan kerusakan jalan tersebut.

"Jalan ini kewenangan nasional, kami tidak bisa melakukan perbaikan atas kerusakan akibat longsor kemarin siang," kata Kepala Bidang PU S Hendriyanto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/11/2013).

Menurut Hendriyanto, sampai saat ini jalan penghubung Bandarlampung-Bengkulu itu tidak dapat dilalui pengguna jalan. "Sementara lalu lintas kami alihkan dulu, pengguna jalan yang ke arah Krui atau Bengkulu dapat menggunakan jalur alternatif Lintas Tengah arah Kotabumi, Lampung Utara," katanya.

Pihak pengelola jalan nasional tambahnya, saat ini sudah berkumpul di Lampung Barat untuk melihat kondisi kerusakan akibat longsor. "Alat-alat berat sudah tersedia untuk mengatasi kerusakan jalan itu," ujar dia.

"Lampung Barat ini memang daerah patahan, setiap tahun selalu ada kejadian longsor, namun longsor yang menggerus badan jalan memang sangat besar," kata Hendriyanto lagi.

Pengerjaan terhadap kerusakan jalan tersebut diperkirakan membutuhkan waktu yang sangat lama. Untuk itu, dia mengusulkan pembukaan jalur alternatif di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) penghubung dari Bandarlampung ke Krui dan Bengkulu.

Sementara itu, pengelola jalan nasional untuk Sumatera saat ini sudah ada di lokasi memantau kondisi kerusakan jalan akibat cuaca yang beberapa hari terakhir kerap diguyur hujan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com