Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2014, Papua Akan Punya 4 Rumah Sakit Rujukan Nasional

Kompas.com - 07/11/2013, 06:56 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Antara
BIAK, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Papua berencana membangun empat rumah sakit rujukan nasional pada 2014. Keempat rumah sakit itu akan dibangun di Biak, Nabire, Wamena, dan Merauke.

"Kabupaten yang mendapat pembangunan rumah sakit rujukan hanya menyediakan lahan tanah, sementara untuk pembiayaannya disiapkan Pemprov Papua," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Muhammad Abud Musaad di Biak, Kamis (7/11/2013).

Musaad mengatakan, pembangunan rumah sakit rujukan ini dilakukan sesuai dengan wilayah adat. Harapannya, menyentuh kebutuhan warga akan layanan kesehatan yang cepat, berkualitas, dan berfasilitas lengkap.

Selama ini, ujar Musaad, warga Papua harus dirujuk ke luar provinsi bila membutuhkan pelayanan kesehatan untuk penyakit atau cedera berat. Tentu saja hal itu membutuhkan banyak biaya dan waktu, sekaligus memperlambat penanganan pasien.

"Untuk penyediaan alat kesehatan rumah sakit rujukan nasional, Pemprov Papua akan meminta bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan," ungkap Musaad yang sebelumnya adalah pejabat di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Meski demikian, Musaad mengaku belum dapat menyebutkan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan keempat rumah sakit. Dia berkilah, detail kebutuhan biaya masih dihitung oleh konsultan yang ditunjuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com