Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miniatur Rafflesia Warnai Aksi Hari Cinta Puspa dan Satwa

Kompas.com - 05/11/2013, 11:14 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAs.com — Puluhan pemuda Bengkulu menggelar aksi Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Selasa (5/11/2013) di Simpang Lima, Kota Bengkulu. Dalam aksi tersebut para peserta membawa miniatur bunga rafflesia, bunga langka yang juga merupakan lambang Provinsi Bengkulu.

Para peserta yang tergabung dari berbagai elemen itu selain berorasi, menggelar aksi teatrikal, juga menggalang dana bagi perlindungan flora dan fauna langka di Bengkulu.

Koordinator aksi, Dermansyah, mengatakan kepada Kompas.com, aksi yang mereka gelar tersebut merupakan satu bentuk kampanye penyadaran masyarakat akan perlindungan flora dan fauna langka.

"Bengkulu memiliki banyak flora dan fauna langka seperti bunga rafflesia yang merupakan lambang Bengkulu, anggrek panda merupakan anggrek endemik Bengkulu, satu-satunya di dunia ada di Bengkulu, harimau sumatera, gajah, dan beruang," kata Dermansyah.

Ia melanjutkan, tingginya perambahan hutan, pencurian kayu, dan perburuan satwa langka mengakibatkan semakin banyak flora dan fauna endemik asli Bengkulu yang menghilang, kepunahan hewan dan puspa langka tersebut, menurut dia, harus segera diantisiapasi dengan melibatkan semua masyarakat.

"Selain masyarakat pemerintah juga harus tegas menindak pelaku perusakan dan penjualan satwa langka, karena jika tidak maka laju kepunahan akan semakin tidak terbendung di tengah ketidakpedulian masyarakat dewasa ini," demikian Dermansyah.

Kegiatan para pemuda mendapat perhatian tinggi dari masyarakat, puluhan warga tampak menghentikan laju kendaraan sekadar untuk meminta stiker dan pamflet yang dibagikan para pemuda itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com