Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Muslim Kediri Sambut 1 Muharam

Kompas.com - 04/11/2013, 21:47 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Ribuan muslim Kediri, Jawa Timur tumpah ruah di Masjid Agung setempat dalam gelaran doa bersama menyambut datangnya 1 Muharram dalam kalender Hijriah, Senin (4/11/2013). Para jemaah itu merupakan masyarakat yang datang dari berbagai wilayah di Kediri serta para santri dari Pesantren Lirboyo.

Jumlah para santri ini yang paling mendominasi. Saking banyaknya, para jemaah berpakaian serba putih itu meluber hingga jalan raya. Mereka membeber sajadah di atas aspal.

Polisi yang sigap kemudian menutup akses jalan depan Masjid Agung dan mengalihkan rute pengendara agar tidak menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Pemimpin doa, KH Anwar Iskandar mengatakan, tujuan doa itu adalah untuk menyongsong pergantian tahun baru agar ke depan semakin baik dan membawa berkah bagi seluruh alam.

Kiai yang akrab disapa Gus War ini juga menyampaikan rasa keprihatinan atas kondisi bangsa yang sedang dilanda keterpurukan, terutama di bidang penegakan hukum.

"Perkembangan kasus korupsi yang paling hangat adalah apa yang terjadi pada hakim konstitusi," kata pengasuh pesantren Al Amin ini.

Atas kondisi ini, ia mengajak segenap muslimin untuk mendoakan agar Indonesia secepatnya keluar dari keterpurukan. Doa juga dipanjatkan untuk para pemimpin agar diberikan keteguhan dalam menjalankan amanat rakyat. Doa bersama itu dimulai sebelum terbenamnya matahari dan selesai setelah shalat isya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com