Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Utama Pembunuh Satpam Unpad Masih Buron

Kompas.com - 04/11/2013, 16:27 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Setelah menangkap empat orang pelaku pengeroyokan satpam Universitas Padjadjaran, Riri (30), aparat Polsek Jatinangor masih mencari sebelas pelaku lainnya yang saat ini dinyatakan buron.

"Masih ada 11 pelaku yang belum tertangkap," kata Kapolsek Jatinangor Roedy de Vriest saat dihubungi melalui ponselnya, Senin (4/11/2013).

Sementara itu, salah satu dari sebelas pelaku pengeroyokan berinisial Y alias B (35) diduga adalah aktor utama pembacokan terhadap Riri hingga tewas. "Yang 10 orang dan empat orang yang sudah ditangkap, bukan pelaku. Pelaku utama masih dicari terus," tegasnya.

Dia menambahkan, pelaku utama pembunuh Riri ternyata adalah salah salah satu orang yang masuk daftar pencarian lantaran pernah melakukan tindak kriminal sebelumnya. "Katanya, ada motif dendam," ujarnya.

Jika tertangkap, kata Roedy, pelaku utama bisa dijerat Pasal 338 KUH Pidana tentang Pembunuhan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Sementara pelaku lainnya bisa dijerat Pasal 170 KUH Pidana tentang pengeroyokan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, niat baik Riri (30), satpam kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor untuk melerai perkelahian pemuda dalam sebuah konser dangdut, Minggu (3/11/2013) kemarin, ternyata berujung maut.

Riri malah tewas dikeroyok oleh sekitar 15 orang warga dari Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Sebelumnya, memang ada gesekan dulu dan gesekan ini masih kita dalami apakah dari pihak korban dengan pemuda atau pihak lainnya. Tapi, yang jelas, korban tewas dikeroyok pada malam harinya," jelas Kompol Roedy de Vriest saat dihubungi melalui ponselnya, Senin (4/11/2013).

Roedy menambahkan, akibat pengeroyokan tersebut, Riri mengalami luka parah di bagian kepala yang disebabkan oleh sabetan senjata tajam yang juga melukai beberapa bagian tubuh Riri. "Korban tewas saat perjalanan dari tempat kejadian ke puskesmas," tuturnya.

Untuk saat ini, tiga orang saksi telah dimintai keterangan terkait hilangnya nyawa Riri. Jasad korban pun akan menjalani otopsi di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih, Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com