Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kejadiannya Peserta 50 Tahun Ikut Tes CPNS

Kompas.com - 03/11/2013, 17:21 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com - Belasan peserta ujian honorer kategori 2 (K2) di Kabupaten Bireuen berusia di atas 50 tahun. Selain kesulitan menjawab karena banyaknya soal yang diberikan, beberapa di antaranya lamban karena penglihatan sudah berkurang.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di empat sekolah yang menjadi lokasi ujian 2030 peserta K2 dari Kabupaten Bireuen, terdapat belasan peserta baik laki-laki maupun perempuan yang berusia di atas 50 tahun. Kendati sudah hampir dua jam berselang, peserta dimaksud belum melingkari satu buah soalpun. Seperti yang dialami Ramli, honorer Puskesmas Kutablang yang sehari-harinya menjadi petugas kebersihan. Ia hanya lulusan SD yang memiliki kemampuan baca tulis seadanya.

“Kalau baca koran judul besar tidak sulit dibaca, tapi soal yang banyak dan rapat seperti ini cukup menyulitkan,” ungkap pria kelahiran 1961 itu. Ia mengaku tetap semangat mengikuti tes CPNS walaupun mengetahui soalnya tidak mudah. Selain berharap bisa membaca soal secara perlahan, ia menginginkan ada keajaiban sehingga bisa lulus nantinya.

“Puluhan tahun saya honor dan bisa lolos jadi honorer K2 ini, saya tak ingin menyia-nyiakan hal ini, walaupun rasanya sulit mengisi lembar jawaban seperti ini,” kata Ramli lantas menunjuk pada lembar jawaban komputer yang bisa dipastikan harus menggunakan pensil 2B untuk melingkari secara penuh dan rapi pilihan jawabannya.

Persiapan Ramli dan beberapa peserta lanjut usia lain tampak berbeda dengan peserta K2 yang berusia muda. Selain pensil, penghapus dan rautan, terdapat rol khusus yang memiliki pembolong untuk memudahkan menghitamkan jawaban, plus sapu tangan yang sewaktu-waktu diperlukan mengelap tangan peserta.

“Tanpa sapu tangan mungkin kertas jawaban ini sudah kotor dengan keringat orangtua yang berlebihan,” tambah Hamzah, peserta lainnya yang berusia sama dengan Ramli, 50 tahunan.

Kepala BKPP Bireuen Drs M Isa di sela-sela ujian honorer K2 mengatakan, berdasarkan nomor peserta yang dikirim dari BKN, jumlah honorer K2 yang mengikuti ujian, Minggu (3/11), sebanyak 2.030.

“Bertambah karena sisa kategori 1 sebanyak 61 orang dan ada double nama 35 orang yang sudah kita revisi,” katanya. Bagi peserta yang tidak mengikuti ujian hari ini, ia menyatakan tidak ada ujian susulan walau sebab apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com