Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

188 Peserta Tes CPNS Kendal Absen

Kompas.com - 03/11/2013, 11:42 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Hari ini, seharusnya ada 751 peserta hadir dalam tes CPNS Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Namun, ada 188 yang absen.

Hal ini diketahui saat tim gabungan dari Badan Kepegawaian Nasional, Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Kendal, Inspektorat Wilayah Propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Kendal, serta Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, melakukan pemantauan tes penerimaan Calon Pegawai Negeri (CPNS) di Kabupaten Kendal, Minggu (3/11/2013).

Tim gabungan memantau tujuh titik tempat tes CPNS, yaitu SMKN 1 Kendal, SMAN 1 Kendal, Pendopo Kabupaten Kendal, Gedung Dharma Wanita Kabupaten Kendal, SMPN 2 Kendal, SMKN 4 Brangsong dan SMPN 1 Brangsong.

Ketua Panitia Tes Penerimaan CPNS Kabupaten Kendal Bambang Dwiono mengatakan, ketidakhadiran 188 peserta CPNS dimungkinkan karena ikut tes di daerah lain. Sedang jumlah peserta tes CPNS dari dari honorer yang masuk kategori 2 (K2), semuanya ada 1.567, tapi yang tidak hadir ada empat orang. Tiga orang diketahui karena meninggal dunia, sementara satu orang lainnya tereliminasi karena tidak memenuhi syarat.

“Selain dari Kabupaten Kendal, yang ikut tes CPNS juga ada dari daerah lain,” kata Bambang.

Bambang menjamin, tes CPNS di Kabupaten Kendal bersih dan jujur. Sebab, kertas lembar pertanyaan dikawal ketat oleh petugas dari kepolisian, dan panitia. Kertas lembar jawaban, datang di kabupaten Kendal pada Hari Jumat malam. “Kertas lembar pertanyaan itu datang dari pusat,” ujarnya.

Bambang mengimbau kepada semua peserta tes CPNS di Kabupaten Kendal agar berhati-hati dengan calo CPNS. Sebab, dari beberapa informasi yang ia dengar, calo-calo itu sudah bergentayangan sejak beberapa pekan lalu. Mereka menjanjikan seseorang bisa diterima menjadi CPNS, dengan syarat mau membayar sekian juta rupiah.

“Calo itu adalah oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Padahal penerimaan CPNS ini, yang berwenang adalah pusat dan daerah hanya sebagai tempat penyelenggara saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com