Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Sinabung Siaga, Warga 4 Desa Diungsikan

Kompas.com - 03/11/2013, 09:38 WIB
Tri Wahono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Aktivitas Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, ditingkatkan dari level dua (Waspada) menjadi level tiga (Siaga). Warga empat desa yang dekat dengan lokasi gunung diungsikan.

Peningkatan status ini ditetapkan oleh PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM yang mulai berlaku sejak Minggu (3/11/2013), pukul 03.00. Sebelumnya, status Waspada telah berlaku sejak 29 September 2013.

"Status Siaga ditetapkan karena adanya peningkatan kegempaan dan bertambah tingginya kolom letusan abu," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, melalui keterangan tertulisnya.

Dilaporkan telah terjadi erupsi pada pukul 01.26.44. Tinggi abu vulkanik mencapai 7.000 meter dengan arah angin ke barat.

Terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Simpang Empat dengan lama 10 menit. Letusan Gunung Sinabung semakin sering dan ketinggian letusan semakin tinggi.

Dengan adanya kenaikan status Siaga tersebut, direkomendasikan, tidak ada aktivitas di radius 3 km dari Kawah Sinabung. Masyarakat di Desa Sukameriah, Bekerah, Simacem, dan Nardinding yang berada dalam radius 3 km dan berada di depan bukaan kawah diungsikan terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com