Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Kerapu Macan Dilepas di Perairan Bangsring

Kompas.com - 02/11/2013, 13:04 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sekitar delapan ribu anakan ikan kerapu macan disebar oleh anggota Kelompok Usaha Bersama Penangkapan Ikan Samudra Bhakti Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, Jumat (1/11/2013).

Ribuan ikan Kerapu Macan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur itu  akan disebar di "apartemen ikan" seluas kurang lebih satu hektar yang dibangun di sekitar Pantai Bangsring.

Ikhwan Arief, Ketua Kelompok Usaha Bersama Samudra Bhakti kepada Kompas.com menjelaskan ada sekitar 200-an "apartemen ikan" yang sudah ditanam di sekitar Pantai Bangsring.

"Kami menyebutnya 'apartemen ikan'. Modul atau rumah ikan tersebut sudah ada sejak tahun 2012 lalu dan berada di kedalaman 13 sampai 15 meter bawah laut. Resctoking atau penebaran ikan Kerapu Macan ini dilakukan oleh petugas dengan cara menyelam dan ikan-ikan nantinya akan digiring ke dalam modul," jelasnya.

Bibit ikan Kerapu Macan sengaja disebar untuk menambah persediaan ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi dan juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem yang seimbang.

"Diharapkan agar ada peningkatan stock populasi serta pelestarian keanekaragaman sumberdaya ikan," tambahnya.

Sementara itu, Slamet Budiono, Kepala Seksi Rekayasa Teknologi Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur Jumat (1/11/2013) menjelaskan, bibit yang disebar berukuran antara 5 sampai 7 sentimeter. Diperkirakan 6 bulan ke depan ikan-ikan tersebut akan bertambah bobot hingga 1 kilogram per ekor.

"Dalam panen nanti diharapkan para nelayan tidak menggunakan jaring lagi tapi menggunakan pancing tangkap. Penggunaan jaring bisa merusak terumbu karang yang ada. Secara logika pancing tangkap membutuhkan waktu yang lama, tapi secara hitungan ekonomis lebih menguntungkan karena ikan yang ditangkap lebih besar dan nelayan sudah bisa memprediksi menangkap di mana," tambahnya.

Slamet Budiono juga menjelaskan ada beberapa syarat perairan untuk restocking antara lain mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi, tidak tercemar dan layak bagi kehidupan biota. "Dari semua syarat yang ditentukan, Pantai Bangsring sudah memenuhi kriterianya. Sedangkan di Banyuwangi sendiri hanya ada 2 lokasi yang mendapatkan bantuan dari pemerintah provinsi. Untuk restocking, selain Bangsring, bantuan juga diberikan di perairan Muncar," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com