Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digeledah, Tahanan Lapas Singkawang Memaki Polisi

Kompas.com - 01/11/2013, 20:23 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis


SINGKAWANG, KOMPAS.com - Tahanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singkawang melawan dan sempat memaki polisi yang menggeledahnya terkait temuan narkoba di dalam lapas. Penggeledahan dilakukan setelah petugas lapas menemukan narkoba di sel tahanan berinisial US (32), yang merupakan tahanan kasus narkoba.

"Polisi sempat dimaki tahanan saat akan melakukan penggeledahan di blok lapas. Bahkan ada beberapa napi yang sengaja memancing petugas dan mengajak berduel. Kata-kata yang diucapkan kasar dan bikin merah telinga," ujar Kasat Narkoba Polres Singkawang, IPTU Prayitno, Jumat (1/11/2013) sore.

Prayitno menjelaskan, kedatangannya dengan beberapa anggota ke lapas untuk menindaklanjuti temuan narkoba oleh petugas lapas. Namun, ketika hendak melakukan penggeledahan, polisi seperti dikepung beberapa tahanan yang saat itu sedang berada di luar sel. Beruntung petugas lapas melerai sehingga keributan tidak sempat meluas.

"Setelah dihubungi, saya bersama beberapa anggota langsung menuju lapas dan bermaksud melakukan penggeledahan lanjutan. Namun karena situasi yang tidak memungkinkan, akhirnya penggeledahan diurungkan demi keselamatan petugas" ujar Prayitno.

"Kita menerima penyerahan 36 paket dan beberapa plastik klip kosong yang diduga untuk membungkus narkoba yang ditemukan KPLP," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pengamanan Lapas Singkawang, Yohanes Varianto memaparkan, masuknya narkoba tersebut sedang didalami oleh polisi. "Kemungkinan masih ada tahanan lain yang terlibat. Tidak menutup kemungkinan ada napi lain yang terlibat," ujar Varianto.

Terkait temuan tersebut, Varianto mengakui kurangnya pengawasan terhadap para tahanan karena keterbatasan personel pengaman. Jumlah tahanan yang sekitar 40 persennya merupakan tahanan kasus narkoba diduga menjadi sarang empuk dalam menjalankan bisnis dari dalam lapas.

"Untuk memberantas narkoba di lapas, kami juga perlu dukungan masyarakat. Kalau masyarakat punya info terkait narkoba atau pelanggaran apapun di dalam lapas, supaya bisa memberi info kepada kita. Itu merupakan bentuk dukungan dari masyarakat dalam membantu tugas kami di lapas," ujar Varianto.

Dari tangan US, diamankan sebanyak 36 paket ganja, potongan koran, plastik pembungkus, kertas rokok, bong sabu, baju koko, dan dua buku catatan. Saat ini tahanan masih berada dalam tahanan Polres Singkawang untuk dilakukan pengembangan penyelidikan lebih lanjut termasuk soal cara barang tersebut masuk ke dalam lapas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com