Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Foto Bugil, Kapolsek di Wonogiri Akan Ditindak Tegas

Kompas.com - 01/11/2013, 16:16 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Beredarnya sejumlah foto bugil mirip seorang kapolsek di Wonogiri, Jawa Tengah, berinisial MS, mendapat perhatian serius dari Kapolri Komisaris Jenderal Sutarman.

Menurut Sutarman, jika dalam pemeriksaan terbukti bersalah, MS dapat dikenakan sanksi tegas. "Apa pun pelanggarannya, kita akan lakukan penegakan hukum," kata Sutarman di Mabes Polri, Jumat (1/11/2013).

Selain memeriksa MS, penyidik juga akan memeriksa sejumlah pihak yang diduga mengetahui kasus beredarnya foto bugil MS tersebut. Hal itu untuk mencari pengunggah foto-foto tak senonoh tersebut.

Jika memang ada pihak lain yang tak bertanggung jawab mengunggah foto-foto tersebut, ia dapat diancam pidana seperti kasus beredarnya foto sekretaris pribadi Kapolda Lampung Brigjen (Pol) Heru Winarko, Brigadir RS. "Siapa yang upload, yang di Lampung sudah ditangkap," tegasnya.

Sebelumnya, dikabarkan 13 foto bugil mirip MS beredar di dunia maya. Kapolres Wonogiri AKBP Tanti Septiyani, saat ditemui wartawan di Mapolres Wonogiri, Jumat (1/11/2013), mengungkapkan bahwa soal kasus anggotanya tersebut, ia akan melibatkan ahli kejiwaan.

"Kita masih dalami dan yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan. Untuk lebih mendalami, kita akan gandeng psikolog untuk mengetahui motif perilaku apa," kata Tanti.

Tanti menambahkan, selain bekerja sama dengan unit kejahatan cyber Polda Jateng, petugas juga akan memburu pemilik blog. "Jadi, untuk kebenaran gambar tersebut, kita serahkan kepada orang IT, yang tahu lebih detailnya," katanya. 

Tanti mengungkapkan, dia sudah menonaktifkan anggotanya yang berpangkat ajun komisaris tersebut untuk memudahkan penyelidikan. "Kalau terbukti, akan ada sanksinya karena sudah memalukan korps," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com