Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bulan Tak Digaji, Puluhan Guru Honorer Datangi Disdik

Kompas.com - 01/11/2013, 13:33 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Puluhan guru honorer datangi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (1/11/2013), karena selama tiga bulan terakhir tidak mendapat gaji.

Para guru honorer yang mengajar di sekolah negeri tingkat SD, SMP dan SMA di Kecamatan Silau Kahean dan Kecamatan Raya Kahean ini, tanpa izin dari petugas keamanan, langsung menyerobot masuk dan mencari kepala dinas.

"Mau sama siapa lagi kami mengadu. Semalam kami datang ke sini (kantor Disdik) tapi tak ditanggapi. Sekarang kami datang lagi. Mana Pak Kadis," bentak seorang wanita kepada petugas keamanan.

Merasa kedatangan mereka tidak direspons, puluhan tenaga honorer itu duduk di lantai sembari menunggu pihak Disdik memberikan penjelasan. Hingga pukul 11.00 WIB, para guru honorer yang kebanyakan kaum perempuan itu tak kunjung mendapatkan penjelasan.

Arlina Sitio (23) mengatakan, dia dan semua rekannya yang merupakan tenaga pengajar honorer tidak mendapakan gaji selama 3 bulan terakhir. "Ada lebih 150 orang kami honorer belum digaji. Selama 3 bulan loh, Bang. Apa nggak ngeri kali itu. Maunya perasaanlah sedikit pemerintah ini. Sudah dua kali kami datang kemari, tapi tak ada ditanggapi," keluhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Jan Bertuahman Saragih ketika ditemui di ruangannya enggan memberikan komentar. "Nanti sajalah itu. Amanlah itu semua," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com