Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paling Hemat, Mobil Listrik Mahasiswa Jember Raih Juara Satu

Kompas.com - 31/10/2013, 20:46 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Tim Mahasiswa Universitas Jember, Jawa Timur yang tergabung dalam “Titen GX-V” menjadi juara umum 1 Kompetisi Mobil Listrik Nasional di Politeknik Negeri Bandung pada 25-27 Oktober. Dari 4 kriteria yang dilombakan, kategori percepatan mobil, pengereman, efisiensi energi, dan kategori kecepatan kendaraan (mobil listrik), Tim ini memiliki catatan dengan nilai yang memuaskan.

“Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada teman-teman semuanya karena telah menjadi juara umum, harapan saya ke depan tim mampu mempertahankan gelar yang sudah diraih," ujar Rektor Universitas Jember, Mohammad Hasan, Kamis (31/10/13).

Ia berharap, ke depan tim Titen GX-harus mampu bersaing di tingkat internasional. “Sehingga prestasi Universitas Jember akan semakin dikenal,” ucap Hasan.

Pembimbing tim Titen GX-V, Satriyo Budi Utomo menjelaskan, mobil listrik tim Unej memiliki nilai efisiensi tenaga yang cukup tinggi. Karena dalam perlombaan 10 Lap (7,5 kilometer) hanya membutuhkan daya 108 Watt. Jauh lebih efisien dari tim lain yang membutuhkan daya sekitar 200 Watt untuk 10 putaran (7,5 kilometer). “Tim kita berhasil melakukan efisiensi cukup signifikan," kata dia.

Selain itu, Desain mobil yang sederhana dan berat mobil yang cukup ringan, membuat mobil listrik milik Tim Titen GX-V Unej, mampu melaju dengan kecepatan maksimal. Berat mobil yang hanya sekitar 140 kilogram dengan power 1.000 Watt, mampu melaju dengan kecepatan 50-60 kilometer/ jam dan mampu menempuh jarak 60 kilometer dengan baterai penuh.

“Tim kita Jauh di atas tim yang lain, yang hanya mampu menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer," tandas Satriyo.

Ketika disinggung berapa lama persiapan untuk mengikuti lomba ini, Satriyo menyebutkan, hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan. “Persiapan serta kerja keras anak- anak terjawab dengan buah manis. Dari empat kategori yang dilombakan, tim kami meraih 3 gelar. Kategori percepatan dan pengereman meraih juara 1, kategori efiensi tenaga dan kecepatan mendapat juara 2. Namun secara keseluruhan dalam semua kategori, tim kami tampil sebagai juara umum 1," beber Satriyo, bangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com