Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKSDA Aceh Turunkan Empat Gajah Terlatih

Kompas.com - 31/10/2013, 18:01 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com - Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Kamis (31/10/2013), menurunkan empat gajah terlatih dari kawasan Sare ke Blang Paya Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen.

Hal ini dimaksudkan untuk menggiring gajah-gajah liar yang selama ini merusak kebun warga. Informasi dihimpun Kompas.com, gajah yang sudah tiba di kawasan Blang Paya segera diturunkan ke lokasi untuk menggiring kawanan gajah liar di sana.

“Bersama tim, gajah terlatih sudah melakukan upaya penggiringan sejak hari ini,” ungkap Kabid Pengamanan dan Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Bireuen, Tarmizi SP, Kamis (31/10/2013).

Tarmizi menjelaskan, hal itu untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat setempat yang resah terhadap keberadaan kawanan gajah sering kali merusak kebun maupun tanaman milik warga. Tak hanya itu, warga resah saat hendak pergi atau pulang berkebun jika berpas-pasan dengan kawanan gajah liar tersebut.

Tarmizi mengaku pihak BKSDA juga akan menangani persoalan gajah di Pante Peusangan, yang berbatasan langsung dengan Bener Meriah. “Selama ini banyak laporan warga terkait kerusakan dan korban jiwa di sana yang segera juga kita tindak lanjuti,” jelasnya.

Begitupun, ia berharap warga sabar karena untuk pelaksanaan teknis penanganan tetap harus dilakukan tim BKSDA provinsi. ”Kita berharap proses penggiringan ini tidak memakan waktu lama sehingga masyarakat bisa beraktifitas normal kembali seperti biasa,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com