Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit, Satu Jemaah Haji Jember Pulang Lebih Awal

Kompas.com - 30/10/2013, 04:34 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Seorang jemaah haji Jember yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 60 atas nama Saladin, warga Tempuran, Kecamatan Kalisat, Jember, Jawa Timur, terpaksa harus dipulangkan lebih awal mendahului rombongannya yang lain.

"Jadi memang benar, ada satu jemaah haji kita di-tanazzulkan (dipulangkan) lebih awal karena sakit,” ungkap Kepala Kantor Kementeriaan Agama (Kemenag) Kabupaten Jember, Rosadi Badar, Selasa (29/10/13).

Kemenag Jember lanjut Rosadi, telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta pihak keluarga jemaah haji tersebut untuk penjemputan. “Insya Allah kami prediksikan tiba hari ini. Yang bersangkutan tiba bersama rombongan dari Kloter 17 asal Surabaya,” imbuhnya.

Rosadi menambahkan, kondisi fisik serta mental jemaah haji memang harus benar-benar terjaga. Sebab, kondisi cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di tanah air. “Belum lagi serangkaian proses kegiatan ibadah yang butuh tenaga ekstra,” katanya. Kepada para calon jemaah haji pada tahun-tahun mendatang, Rosyadi meminta agar kondisi fisiknya benar-benar dijaga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com